Alasan Mengapa Antena Wifi Sangat Penting

Alasan Mengapa Antena Wifi Sangat Penting
Alasan Mengapa Antena Wifi Sangat Penting
Alasan Mengapa Antena Wifi Sangat Penting

Salah satu cara untuk memperkuat sinyal wi-fi adalah dengan mengganti antena wi-fi dengan antena yang power-nya lebih besar. Selain untuk mengarahkan, fungsi antena adalah untuk memperkuat sinyal. Jadi kuat lemahnya sinyal yang dihasilkan atau dipancarkan oleh sebuah wi-fi tergantung juga pada faktor antena.

Seberapa vital dan penting peran antena bagi perangkat wifi ?

 

  1. Antena ibarat mata dan telinga bagi wifi

Saya pernah mencoba mengkoneksikan 2 wi-fi dengan mode point to point  tanpa menggunakan antena kecil bawaan dari pabrik, ternyata keduanya sama sekali tidak bisa menangkap sinyal masing-masing. Karena penasaran kedua wi-fi saya dekatkan. Ujung konektor untuk antenna dari kedua wifi saya dekatkan sedekat mungkin tapi tidak sampai membuat keduanya bersentuhan. Dengan kondisi seperti ini keduanya baru bisa menangkap sinyal lawannya. Kesimpulannya adalah dengan antenna, meskipun kecil sebuah wifi dapat mendengar dan melihat keberadaan dari wi-fi lain di sekitarnya.

Baca Juga : Mengenal Antena Yagi Sebagai Antena Modem

  1. Antena adalah penentu jalur sinyal Wi-fi

Tugas antena yang tidak kalah penting adalah menentukan pola dan bentuk sinyal wi-fi yang dipancarkan. Jika anda membutuhkan sebuah wifi yang pancaran sinyalnya mengarah ke arah tertentu saja maka anda tinggal menggunakan antenna directional namun jika anda tidak mau repot-repot mengarahkan sinyal wifi maka tinggal pasang saja antena jenis omnidirectional yang arah pancarannya ke segala arah. Antena directional lebih cocok untuk koneksi atau topologi point to point, tapi bisa juga dipakai untuk topologi point to multi point dengan derajat pancaran yang kecil. Sedangkan antena omnidirectional sangat tepat untuk topologi point to multi point dengan posisi klien yang tersebar di segala arah.

  1. Antena adalah penguat sinyal

Masing-masing antenna memiliki spesifikasi tertentu, salah satunya adalah jumlah kekuatan atau penguatan terhadap sinyal yang dipancarkan melalui antena. Satuan kuat lemahnya sinyal dihitung dalam decibel atau dB, ada juga yang menggunakan satuan watt. Jika berminat untuk mengganti antenna wifi dengan power yang lebih kuat, cek berapa dB-nya atau watt-nya. Akan tetapi hal yang mesti diperhatikan adalah semakin besar sinyal yang dihasilkan oleh wi-fi tidak menjamin kualitas dari koneksi, hal tersebut dikarenakan oleh sinyal yang besar membuat wifi rentan terhadap interferensi atau malah dapat mengganggu wifi lain yang powernya lebih kecil.

Jika berniat untuk mengganti antena wifi anda maka pastikan dahulu antena jenis apa yang benar-benar anda butuhkan. Mengganti antena dari wi-fi adalah pilihan yang tepat untuk memperkuat sinyal wifi tapi mesti diperhatikan juga adalah kebutuhan lapangan dan interferensi dengan perangkat lain.

Berikut ini adalah jenis dan ragam dari antena yang kiranya bisa menjadi referensi anda dalam menentukan pilihan.

  1. Antena Omnidirectional

Antena Omni directional adalah antenna yang paling banyak dijumpai. Kelebihan antenna ini adalah memancarkan sinyal dengan pola penyebaran sebesar 360 derajat.

  1. Antenna Directional

Antena directional adalah antena yang memancarkan sinyal dengan pola penyebaran ke satu arah tertentu saja. Jangkauan sinyalnya beragam ada yang cuma 8 derajat ada yang sampai 90 derajat.

Related posts